Potensi Wisata Alam Desa Sirnajaya

Berbagai potensi wisata alam bisa di temukan di Desa Sirnajaya. Wisata alam yang memanjakan mata dengan hijaunya alam dan udara yang segar. Objek wisata ini ada di beberapa dusun yang berbeda.

Sasak Tonjong, Perbatasan Desa Karangjaya dan Sirnajya.

Yang pertama, Objek Wisata Sasak Tonjong dan Leuwinya yang ada di perbatasan Desa Sirnajaya dengan Desa Karangjaya. Banyak warga desa sirnajaya dan masyarakat dari luar desa yang sudah pernah mengunjungi objek wisata tersebut. Salah satunya ada dari komunitas Amazing Tasikmalaya yang sering mengadakan kegiatan jumping di Sasak Tonjong tersebut. Atau kita juga bisa berenang di leuwinya yang airnya sangat jernih.

Yang kedua, Curug Ciung yang ada di Dusun Sukasirna Desa Sirnajaya. Curug ini masih belum banyak dikenal orang karena tempatnya yang jauh dari pemukiman warga dan jalan yang susah untuk dilalui.

Yang ketiga, Gunung Paniisan berada di Dusun Awiluar Desa Sirnajaya. di Gunung Paniisan ini terdapat Batu Besar yang di beri nama oleh warga yaitu “Batu Langkoban”. Pada jaman dahulu batu tersebut dijadikan tempat bersemedi oleh warga sekitar karena pada jaman dahulu masih banyak warga yang percaya terhadap hal-hal yang berbau mistis seperti itu. Di dalam gua juga terdapat gua kecil untuk menyimpan menyan dan tempat bersemedi juga alat-alat lainnya yang digunakan untuk bersemedi. Walaupun tempatnya yang jauh dari pemukiman, namun karena berada di daerah pegunungan kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah. Juga di jalan yang dilalui kita bisa melihat perkebunan-perkebunan warga yang sangat luas. Batu Langkoban merupakan bagian dari sejarah yang harus dilestarikan.

Curug Ciung, Dusun Sukasirna Desa Sirnajaya. 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan